Hukum

Divonis 4 Tahun Habib Rizieq Menolak Dan Ajukan Banding
Chandra | Kamis,24 Jun 2021 - 13:34:39 WIB | dibaca: 89 pembaca

Sidang vonis HRS untuk kasus RS Ummi Bogor di PN Jakarta Timur pada Kamis (24/6)/foto ist SSVT @QaillaAsyiqah

Jakarta, CityPost – Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat ini menjatuhkan vonis 4 tahun penjara bagi Imam Besar Habib Rizieq Shihab terkait kasus hasil test swab Covid19 di RS Ummi, Bogor, Jawa Barat. Atas vonis itu, pihaknya akan mengajukan banding.

Sebelumnya dilaporkan bahwa, Majelis Hakim PN Jakarta Timur, sempat memberikan tiga opsi kepada Habib Rizieq Shihab atas hasil vonis yang akan dibacakannya. Opti tersebut antara lain, menerima, menolak atau banding atas vonis dan opsi lainnya meminta permohonan pengampunan kepada Presiden Joko Widodo atau grasi.

Dari tiga opsi yang ditawarkan Majelis Hakim, Habib Rizieq Shihab dengan tegas langsung menjawab akan melakukan banding.

“Dengan ini saya menolak putusan Majelis Hakim. Saya nyatakan banding, terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh,” tegas HRS.

Diketahui, vonis hukuman penjara 4 tahun yang ditetapkan Majelis Hakim lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang sebelumnya menuntut HRS dengan hukuman 6 tahun penjara.

HRS sendiri didakwa dengan dakwaan primer Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Majelis Hakim menilai HRS saat ini memiliki tanggungan keluarga oleh karenanya hal itu dijadikan dasar untuk meringankan hukumannya sedangkan yang memberatkan disebutkan karena telah membuat keresahan masyarakat. (Chan)

Berita Lainnya
.

Gembong Pencuri Ternak Didor Petugas
Proyek Tidak Selesai Tepat Waktu, Vendor Terancam Pinalti
Mencuri Dikecamatan, Warga Abung Babak Belur Dihakimi Massa
Kapolda Kalbar Sambangi Polres Sintang
Polda Kalbar Serukan Polres Harus Netral Pada Pemilu