Hukum

Hakim Nyatakan Menag Terima Rp 70 Juta, KPK Mulai Penyidikan
RWS | Selasa,13 Agus 2019 - 19:48:36 WIB | dibaca: 53 pembaca

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin.foto.ist

Jakarta, CityPost - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pengembangan penyidikan terhadap kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) setelah hakim Pengadilan Tindak Pindana Korupsi (Tipikor) menjatuhkan vonis 2 tahun penjara dan denda sebesar Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan terhadap mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Haris Hasanuddin. Saat membacakan amar putusan, hakim  juga menyatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terbukti turut menerima Rp70 juta dari Haris.

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif menyampaikan pihaknya membuka penyelidikan baru setelah putusan pengadilan itu.

"Lagi ada pengembangan lagi, dilakukan penyelidikan lebih lanjut," kata Syarif saat ditemui wartawan di Galeri Nasional, Jakarta, Selasa (13/8).

Namun, Syarif belum bersedia  merinci soal penyelidikan baru yang dilakukan oleh KPK karena kasus ini masih dalam tahapan penyelidikan belum penyidikan.

"Iya ada pengembangan penyelidikan yang baru tapi saya belum beritahukan," ujarnya.

Haris  merupakan satu dari dua penyuap mantan Ketua Umun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy. Penyuap lainnya, adalah Muafaq Wirahadi yang sudah divonis pidana 1,5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan. (RWS/ist)





Berita Lainnya
.

Luhut Sebut Bintan Bisa 2 Kali Lebih Besar Dari Singapura
Menteri BUMN: Pensiunan Perlu Modal Usaha dan Pendampingan
Facebook Kini Mulai Ditinggalkan Pengguna Muda
Jebolan Indonesia Idol 2008 Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Petr Cech Putuskan Gantung Sepatu Akhir Musim